Sunday, June 8, 2008

Jadi "orang Australia"

Hello again!

Hehe.. langsung aja yah ke entry pertama gw..
Gw itu emang orang Indo. Tapi di household gw di Jakarta.. itu household yang kebelah 2. Nyokap angkat gw orang bule, dan bokap gw orang Jawa tulen... penari wayang orang lagi.... jadi gw dari kecil udah dibesarin diantara 2 budaya. I'm too Indonesian in Australia, and too Australian in Indonesia. I don't know what I am.

Tapi selama gw tinggal di Australia, gw sering cari tau... what does it take to be Australian?
Pas pertama kali gw melandas di Melbourne gw bikin janji sama diri sendiri kalo gw gak bakal tersedot ke budaya mereka. Haha. Janji yang bener2 gw lupain. Mungkin gara2 dari seluruh fakultas seni rupa gw satu2nya orang Indo, gw gampang banget kepengaruh sama perilaku temen2 kuliah gw yang 90% orang Australia.

Gw mulai kuliah di Melbourne taun 2005, sekarang, taun 2008 gw ngambil S2 (time flies) dan gw dengan anehnya proud enough untuk bilang gw adalah seorang footy fan. Padahal dulu pas pertama kali ngeliat footy, pikiran gw.. IDIIIIH COWOK KOK PAKE CELANA PENDEK BANGET SIIIIH.. TABRAK-TABRAKAN LAGI!!! eeewwww... *tee-hee*.. sekarang... tiap kali ada footy di TV segala macem yang gw lakuin stop dan mata gw cuma bisa fokus ke layar TV... dan gw mulai mikir... how did I become a footy fan?? dalam jangka waktu yang sangat pendek.. dan obsesi gw udah cukup tidak masuk akal. Gw sekarang anggota cheersquad Hawthorn Football Club. Bisa gw jamin gw satu2nya orang Indonesia di cheersquad ini. Di stadium footy lo bisa nemuin orang Asia setiap 30-40 bangku. Di City, kita mayoritas. Di Melbourne Cricket Ground, kita minoritas... by far.

Udah ada yang pernah nyoba vegemite? gak enak yah? Dulu gw gak suka bgt. Sekarang gw suka banget. Haha. Vitamin B-nya banyak lho (kesannya bakal bikin lo-lo semua makan vegemite).. Tapi pas gw sadar kalo gw suka makan vegemite, gw juga sadar kalo gw udah bener2 tersedot ke budaya orang Australia.

Yang lebih gila lagi.... suatu pagi gw bangun dan nyalain TV... dan ada satu channel yang nyalain lagi 'Waltzing Matilda'... tiba2... gw nangis!! ada apa dengan gw??? Itu lagu emosional juga enggak! Dibandingin "Indoneeeeeeesia tanah air beeeeeeeeeeeta, pusakaaaa abadi nan jayaaaaa..." .. Waltzing Matilda tuh.. gak ada sedih2nya... Oh no.. apakah gw udah bener2 jadi "orang Australia"??

Is this good or bad? you decide lah.. gw bingung.
Gw sih suka banget tinggal di Melbourne, betahnya bukan main. Apalagi kalo lagi Football Season.
Tapi gw takut kalo tiba2 gw gak seIndonesia gw dulu...


1 comment:

 Putra said...

crikey, lex!

numpang lewat..